Wednesday, April 20, 2011

Curhat Colongan…
Huft…ternyata bekerja di Jakarta itu ngga semudah yg dibayangkan. Orang2 di Jakarta yg gw rasain itu termasuk dalam kategori individualistic. Tidak adanya kerjasama yg baik dalam melakukan suatu pekerjaan dan terlihat hanya mengutamakan kepentingannya pribadi dengan mengabaikan kepentingan bersama. Hal itulah yg membuat gw kurang maksimal dalam bekerja. Yg gw rasain, mereka bekerja untuk duit, duit telah membatasi hati mereka untuk merasa akan indahnya kebersamaan dalam bekerja. Lain halnya dengan orang yg bekerja dengan hati, hati yg berkoordinasi dengan otak dan bersinergi dengan moral etika, tanggung jawab dalam bekerja menjadi yg utama, dengan tanpa mengabaikan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Saat ini konflik batin terjadi ama diri gw…apa gw ikutin jejak mereka yg terbiasa ber’leyeh2 sesuka hati…atau gw ikutin kata hati gw “ayo semangat…semangat…kerja yg rajin, pertanggungjawabkan uang rakyat sbg gaji PNS…!! Ngga usah ikutin ntu orang2 pemalas…!!!”. Batin gw bergejolak… Satu hal lagi yg bikin gw kurang ikhlas dalam bekerja, bahwa adanya salah seorang pegawai di kantor gw yg jadi ‘bocah emas’nya si Bos (bocah emas = anak kesayangan). Ngga cuma gw aja yg bilang klo tuh bocah jadi ‘bocah emas’nya si Bos..pegawai yg lain juga membenarkan. Sebenarnya gw ngga masalah klo tuh bocah jadi bocah emas atau bocah ingusan kek…ngga ngaruh ama gw…yg penting tuh bocah harus bisa nunjukin klo jadi ‘bocah emas’ ya berarti karena kinerjanya bagus…rajin…disiplin…bukan malah kerja sesuka hati, penilaian gw sih…ntu bocah termasuk golongan PEMALAS..datengnya siang, pulangnya siang, kerja semaunya… Yg gw heranin, konon katanya…tuh bocah jadi ‘bocah emas’ gara2 pinter komputer...ASTAGAAAA…!!! Kadang gw ada rasa iri…gw udah kerja capek dari pagi mpe sore….ngga ada tuh yg muji gw (bukannya gw kerja karena pengin di puji) tapi klo tuh bocah kerja dikit udah dipuji2 ama si Bos…yg pinterlah…yg hebatlah… BUSYYEEEETTTTT….!!!!! Sabaaarrrr….tenang aja…gw adalah Ksatria Baja Hitam sang pembela kebenaran yg akan selalu menang di akhir episode…(cacingan dech looooeee….!!). Sikap seorang Bos yg hanya berpihak pada salah seorang pegawai akan dapat menjadi boomerang bagi dirinya sendiri, yg sudah dapat dipastikan sikap seperti itu akan mengikis semangat kerja dan kebersamaan yg apabila pegawai yg lain (non bocah emas) bersikap antipatik thd Bos (juga si Bocah emas) pastinya akan terasa lebih tidak mengenakkan dan menyakitkan. Iiiaaaahhhh ….orang yg sekantor ama gw emang belum ada yg muji gw, tapi udah ada pengakuan dari salah seorang pegawai di kantor induk yg bilang klo gw termasuk golongan orang yg rajin dalam bekerja… Alhamdulillah…masih ada yg hargain kerjaan gw.. RODA PASTI BERPUTAR…kedudukan seseorang tidak selamanya diatas….dan tidak selamanya dibawah… keiklasan dan ketulusan akan menjadi poros kebahagiaan dalam siklus kehidupan yg akan terus berotasi tiada henti…


Calo Dadakan…
Setelah sekian lama berpisah ama temen2 kuliah…kadang terlintas rasa kangen…ingin rasanya kumpul2 kayak dulu.. Di akhir2 masa kuliah justru tercipta banyak ‘unforgettable moment’. Alun2 purwokerto salah satu tempat yg banyak menyimpan kenangan. Kumpul bareng sore2 di alun2, makan jagung bareng, main tebak2an, be’candaan, ketawa2 ngga jelas, ngrumpiin cowok seksi bercelana mini berwarna kuning, guling2, jungkir balik…karaokean…pokoknya banyak deh…udah gitu pulangnya klo udah lewat jam 12 malam, mpe ada juga tuh yg berantem ama temen kost (busyyeeeetttt, dijedod’in pake helm euyyy….) terus dilaporin polisi (sampai posting ini diturunkan belum jelas siapa korban, terdakwa atau yg dikorbankan…kasus menguap, terlalu ruwed..xixixixi) penyebab utamanya gara2 pulang kemaleman…lebih tepatnya terlalu kepagian…(tersangka >> Ndud + Kupret ), kadang juga mpe lompat pagar… huuhhh… Masih banyak lagi kenangan yg pastinya akan terkenang sepanjang jaman. Untuk melepas rasa kangen, rencana tanggal 22 April 2010 bakal ada kumpul2 di Purwokerto. kemaren gw ke stasiun KA buat beli tiket..sungguh malangnya nasib gw, ngga ada sisa tiket KA keberangkatan tanggal 21…dan dalam kegundahan hati + kepuyengan otak..+ ngga tau ada bisikan setan pocong or kunti…gw beli tiket keberangkatan tanggal 22…yg secara otomatis gw akan terlambat dateng 1 hari di acara kumpul2. Sampainya di rumah gw ngrasa nyesel… Gw pasti bakal bikin temen2 gw kecewa berat (kecewa karena gagal ketemu calon artis tenar…hehehe). Gw harus balikin nih tiket..iiiaaaa gw mesti balikin, gw kan bisa ke Purwokerto pake bis. Dan hari ini, Wednesday, April 20, 2011… gw resmi jadi ‘calo dadakan’ karena gw harus balikin tuh tiket (rencana bukan dibalikin siyyyhhh…lebih tepatnya gw jual lagi ke orang yg butuhin tiket gw.., klo dibalikin ke kasir KA bakal kena potong 30%). Gw bela2in pulang dari kantor lebih awal, tepatnya setelah makan siang, gw langsung meluncur menuju stasiun KA. Sesampainya di stasiun gw langsung merubah wujud dari PNS yg lugu menjadi calo dadakan yg terlihat…masih lugu juga siiiyyhhh.. Gw berdiri standby di tempat nulis form pemesanan tiket. Klo ada orang dateng, gw langsung nanyain “mau beli tiiket buat tujuan kemana Pak…Bu…Mas…Mba..?”. Beberapa nyengir, beberapa cuma nglirik, ada juga yg meled2 (julurin lidah >> bocah ingusan), ada juga yg bilang “sapa sihhh looo…calloooo?”, sungguh malangnya nasib gw…1 jam berlalu...2 jam pun terlewatkan…hampir 3 jam gw jadi calo tiket..tidak satu orangpun yg mau beli tiket gw. Sebenarnya tiket gw hampir terjual.. Seorangang ibu bersama anak gadisnya yg masih terbilang masih ABG, item sithik manis and sok kecentilan.
“Bu, mau pesen tiket buat tujuan kemana?” tanya gw *bibir dilebarin, mangap dikit, alis dinaikin sebelah, mata sendu, nada suara memanja*
“Ke Kebumen, emang kenapa mas…kok nanya2?” jawab si ibu dengan pandangan curiga, mungkin tampang gw mencurigakan layaknya seorang teroris yg siap kentut di depan umum.
“Gini loh bu…” gw coba nenangin.. “sy kan kemaren udah beli tiket Sawunggalih Malam keberangkatan tanggal 22, tapi sy batalin..sekarang sy lagi cari orang yg mau gantiin tiket sy, ibu mau ga?” *muka memelas*
“Klo Sawunggalih siang punya ngga mas? Anak ibu maunya naik kereta siang…”
“Yaahhhh…ga punya bu…” *hampir nangis* “Dek, lebih enakan naik kereta malem lohhh…bisa istirahat, ntr nyampenya pagi…” kata gw berusaha merayu tuh cewek centil.
“mama…ngga mau maleeemmm… maunya naik kereta siang mah…” rengekan tuh bocah centil yg makin bikin gw gedheg.
“bu, tiket tanggal 21, 22 udah habis semua…udah ngga mungkin bisa beli tiket tanggal segitu, klo ngga percaya silahkan aja tanya ke kasir…” gw dikit sewot berusaha yakinin si Ibu. “mau beli tiket sy ya syukur, klo ngga juga ngga papa…”
Si Ibu + cewek centil menuju ke kasir, ngecek kebenaran perkataan gw… ngga berapa lama, tuh Ibu + bocah centil dateng lagi.
“oia mas, tiket udah habis semua..”
“hmm” gw sok jual mahal
“Dek, berangkatnya malem aja yahhh…” bujuk si Ibu ama anaknya.
“ogaaahhh, pokoknya maunya siang..” *gleat gleot kayak cacing kepanasan* bikin gw semakin gedheg ama nih bocah.
“klo ngga mau ya udah ngga papa…” *pasrah* “di seret’in kereta aja tuh anaknya bu…” kata hati gw. *kesel*
Si Ibu + bocah centil beranjak pergi, gw gagal jual tiket, sedih, netesin air ketuban…
Sebenarnya, pas awal gw dateng, ada calo yg nawar tiket gw seharga 100rb, tapi berhubung gw pengin ngrasain sensasi jadi calo…tiket ngga gw jual ke calo. Setelah hampir 3 jam tiket gw ngga laku, gw frustasi, gw putuskan untuk jual tiket gw ke calo. Ternyata tuh calo ngga konsisten, dia nurunin tawarannya jadi 95rb. Berhubung gw sangat ngga suka ama orang yg ngga konsisten, mendingan gw balikin aja ke kasir seharga 90rb. Gw sempet mikirin..kenapa tiket gw ngga laku?? BUJUBUNENNGG…sangat jelas terlihat, dengan tulisan yg cukup besar dan berwarna merah “JANGAN MEMBELI TIKET PADA CALO”
Ternyata jadi calo tuh ngga enak…capek…belum lagi pandangan negative dari banyak orang…huft.. Mending jangan jadi calo deh… Gw setuju dan mendukung “JANGAN MEMBELI TIKET PADA CALO” banyak calo yg justru ngrugiin calon penumpang. Gw hanya pengin ngrasain sensasinya jadi calo, elu2 pada ngga usah ikut2an, ayo didik moral manusia Indonesia yg lebih baik, salah satunya “JANGAN MEMBELI TIKET PADA CALO”. Okeeehhhhh…

0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Debiyanto Wirasetya, A.Md.KL
Debiyanto Wirasetya, a Man, born in Kebumen City at Oktober 28th, 1988, dibesarkan dikeluarga sederhana, Islam is my way, my hobby are singing, swimming, and of course…ngising too, mempunyai harapan dan impian yang unlimited, goal-seeking become a rich man…baik hati dan tidak sombong tentunya, selalu munjunjung tinggi keadilan dan kebenaran juga menumpas kejahatan like Satria Baja Hitam, and present have worked in Port Health Office Class 1 of Tanjung Priok, Jakarta.
Lihat profil lengkapku

Let's Chat...

Flag Counter

free counters

Bunner

Oh Belog

Blog archive

D' Most Popular Post